18 October 2012

Klarifikasi Jambu air (Eugenia Aquera)


Jambu air (Eugenia Aquera)
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh )
Superdivisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan Berbunga
Kelas : Magnoliopsida (dikotil)
Subkelas : Rosidae
Ordo : Myrtales
Family : myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus : Eugenia
Species : Eugenia aquera



Tumbuhan ini berbentuk pohon, Batang jelas terlihat, berkayu (lignosus), silindris, tegak, kulit kasar, batang berwarna coklat kehitaman, percabangan simpodial. Arah tumbuh batang tegak lurus. Arah tumbuh cabang condong keatas dan ada pula yang mendatar. 


Daun Eugenia aquea merupakan daun tunggal tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina), lazimnya disebut daun bertangkai. Daun tunggal terletak berhadapan, bertangkai 0,5-1,5 cm. Helaian daun berbentuk jorong, 7-25 x 2,5-16 cm. Daun bertulang menyirip, ibu tulang daun (costa), tulang-tulang cabang (nervus lateralis) tampak jelas, dan urat-urat daun (vena) terlihat jelas. Daging daun tipis seperti perkamen (perkamenteus), permukaan daun gundul (glaber) dan memiliki daun dengan tepi rata. Ujung daun membentuk sudut tumpul (obtusus). Pangkal daun tidak membentuk sudut melainkan berlekuk.  Tangkai daun berbentuk silindris dan tidak menebal pada bagian pangkalnya.


MANFAAT JAMBU AIR

Buah jambu air yang sering kita buat rujak ini merupakan buah yang asli berasal dari asia tenggara dan mempunyai banyak jenis.Warnanya pun bermacam-macam dari berwarna merah yang dominan,warna putih hingga ada yang berwarna hijau.Rupanya buah ini selain enak dimakan juga memiliki manfaat bagi tubuh kita.Berikut manfaat dari buah jambu air.

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh

Kekurangan air bisa mengganggu kerja ginjal sehingga kotoran tubuh tidak bisa keluar dengan lancar,yang akibatnya membentuk batu ginjal.Manfaat buah jambu air ini adalah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita.Itu kerana di dalam jambu air terdapat air sebesar 93 gram per 100 gram.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di buah ini cukup tinggi.Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh.Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mendongkrak fungsi sel darah putih sebagai anti bodi dan anti virus.


Memiliki Vitamin C

Vitamin c ini dapat mempercantik kulit,disamping sebagai antioksidan yang berfungsi menjaga kesehatan sel,meningkatakan penyerapam asupan zat besi,dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas

0 komentar:

 
Hanya Sebuah Kata Blogger Template by Ipietoon Blogger Template